HANDPHONE MEPERMUDAH HIDUP KITA
20.04

Handphone, siapa sih yang tidak mengenal benda mungil ini? Setiap orang mulai dari berbagai golongan pastinya telah memiliki alat komunikasi yang satu ini.

Handphone tidak lagi menjadi barang yang luxurious bagi sebagian pihak. Keberadaanya bagaikan benda yang wajib selalu ada di setiap kegiatan manusia dalam melakukan aktivitasnya.Sebagai pengguna handphone sejati, hendaknya kita perlu tahu bagaimana sejarah terciptanya.

Hal ini bermula dari keinginan Martin Cooper, General Manajer Divisi Sistem Komunikasi Motorola untuk membuat alat komunikasi yang fleksibel. Ia sudah bosan dengan telepon yang terbatas dan tidak bisa dibawa kemana-mana (fixed phone).

Bayangkan saja, HP yang pertama kali dibuat oleh Mr. Cooper ini memiliki berat hampir 1 kg dengan ukuran tinggi 33 cm. Sebuah ukuran yang sangat besar bila dibandingkan dengan handphone-handphone yang bermunculan sekarang ini. Tapi penemuan tersebut bisa dibilang “nenek moyang”nya para handphone sehingga bisa melahirkan produk-produk baru yang lebih canggih.

Sebagai teknologi baru, HP tersebut tidak langsung dijual ke masyarakat. Perlu waktu sampai 10 tahun sampai tersedia layanan komersial telepon bergerak. Tepatnya pada tahun 1983, ketika Motorola memperkenalkan DynaTAC 8000X. Inilah HP pertama yang mendapat izin dari (Federal Communications Commission) FCC dan bisa dipergunakan untuk tujuan komersial.

Seiring berjalannya waktu, handphone yang diciptakan oleh Mr. Cooper mengalami perkembangan yang sangat pesat. Handphone yang dulunya hanya digunakan untuk melakukan panggilan dan penerima telepon saja, kini memiliki fasilitas yang multifungsi. Mengirim teks pesan, gambar, rekaman suara, video, browsing internet, chatting, menonton tayangan televisi, bertelepon dengan melihat langsung wajah lawan bicara (3G), semuanya itu bisa dilakukan dengan alat mungil yang tidak lagi memiliki berat 1 kg ini.

Hal itu disebabkan karena HP telah melakukan penggabungan fungsi dengan teknologi-teknologi lain atau yang lebih dikenal dengan istilah media convergence. Sehingga fasilitas HP tidak terpaku pada fungsi yang lama saja, namun sekarang ini lebih variatif. Media convergence disini maksudnya adalah HP tidak lagi memiliki 1 fungsi saja yakni menerima panggilan ataupun melakukan panggilan atau sekedar bersms ria. HP sekarang ini memiliki fasilitas yang multifungsi. Seperti HP sekarang sudah bisa mendengarkan siaran radio, televisi, bisa untuk browsing, dengerin mp3, foto-foto, ngerekam gambar, ngerekam suara, chatting dan lain sebagainya. Jadi sekarang tuh kemampuan HP udah lebih tinggi daripada kamera, handycam, mp3 player, televisi dan lain sebagainya.

Di zaman sekarang ini orang-orang ingin semuanya serba praktis dan cepat. Ingin mengerjakan pekerjaan kantor, mereka tidak ingin repot-repot menenteng laptop yang berukuran besar tapi cukup menenteng HP dengan berat kurang dari 400 gram. Ingin melakukan deal kontrak dengan perusahan lain idak perlu jauh-jauh ke tempat perusahaan tersebut, hanya tinggal video call lewat HP segalanya lebih mudah. Ingin melakukan transaksi di bank tak perlu susah payah antri di loker karena lewat HP pun kita dapat melakukan semuanya itu.

Begitu banyak kemudahan yang kita dapatkan setelah munculnya alat komunikasi yang satu ini apalagi dengan berbagai macam fasilitas yang ditawarkan dengan harga yang relatif terjangkau pula. Mempermudah kita dalam pengerjaan tugas, efisiensi waktu yang tidak terbuang percuma, pemenuh informasi yang cepat dan lengkap, sarana penghubung yang mudah antar satu pribadi dengan pribadi lain dan begitu banyak fasilitas lain yang tak cukup disebutkan satu per satu dalam bahasan ini. Apalagi saat ini para penemu-penemu teknologi masih berkutik untuk menemukan teknologi yang terbaru dan lebih canggih, maka dapat dipastikan nantinya HP akan memiliki berbagai macam fungsi yang dapat mencengangkan kita.

Setelah melihat semua kecanggihan yang dapat dilakukan oleh sebuah handphone, maka kita dapat mengatakan bahwa handphone merupakan salah satu ICT's . ICT's adalah semua teknologi yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi dan juga berkomunikasi dengan orang lain. Semua sifat yang ada dalam ICT juga dimiliki oleh handphone, terlebih lagi teknologi handphone zaman sekarang yang serba bisa.

www.beritanet.com/search.php?text= makalah%20tentang%20perkembangan%20t... - 34k -

By :
51407047 dan 51407152

Label:



shin-ann
Do the best for all. CIAYO!!!!.